LAPORAN
PELAKSANAAN DAN HASIL
Bimbingan
Teknis Pemenuhan SNP Pada SMP Potensial
REGION BANDUNG
TANGGAL 20 s.d. 24 APRIL 2015
TEMPAT
HOTEL SUKAJADI BANDUNG
Disusun oleh:
Nama
|
:
|
AHMAD
RIFAI, S.Pd., M.Pd
|
NIP.
|
:
|
197206271998021001
|
Pangkat/Gol.
|
:
|
PEMBINA, IV/a
|
Jabatan
|
:
|
KEPALA SMP NEGERI 8 PAGARALAM
|
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN
MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perubahan kebijakan nasional sebgaiamana tertuang dalam
UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemeritah Daerah, dari sentralisasi menuju
desentralisasi yang direalisasi dengan pelaksanaan otonomi daerah dalam semua
aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan berakibat langsung pada beberapa
kewenangan dan tanggung jawab, khususnya dalam pelaksanaan dan pengelolaan
sumber daya manusia. Konsekuensi logis dari perubahan kebijakan tersebut,
berakibat pada terjadinya proses distribusi kewenangan ke daerah. Meskipun
demikian masih ada kewenangan-kewenangan tertentu yang langsung masih ditangani
oleh pusat, khususnya dalam standarisasi pendidikan yang berlaku secara nasional.
Sejalan dengan hal kewenangan tersebut, maka pada tahun 2015 ini Direktorat
Pembinaan SMP melaksanakan pembinaan kepada sekolah-sekolah potensial, yaitu
sekolah yang hampir
memenuhi standar nasional pendidikan sebagaimana amanat UU Sisdiknas Nomor 20
Tahun 2003.
Sekolah-sekolah tersebut akan
diberikan pembinaan secara teknis maupun lainnya dalam kerangka pemenuhan
standar nasional pendidikan (SNP) untuk menjadi SMP
Standar Nasional (SSN). Hal ini menjadi suatu
keharusan bagi sekolah untuk memenuhi semua SNP tersebut, karena telah
diamanahkan dalam berbagai peraturan perundang-undangan, diantaranya adalah
termaktub dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003, Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun
2005 dan PP No. 32 Tahun 2013 tentang SNP, PP. No. 17 Tahun 2010
tentang pengelolaan dan penyelenggaan pendidikan, dan semua Permendiknas dan
Permendikbud yang merupakan penjabaran operasional implementasi PP tersebut.
Beberapa diantaranya untuk sekolah-sekolah bukan pelaksana Kurikulum 2013
adalah Permendiknas No: 22, 23, 24 Tahun 2006, No. 6 tahun 2007, No. 41 Tahun
2007, No. 20 Tahun 2007, No. 19 Tahun 2007, No. 24 tahun 2007, No, 12, 13, 16,
18 Tahun 2007, yang masing-masing adalah mengatur tentang SNP SKL, SI,
Pelaksanaan SKL dan SI, Perubahan Pelaksanaan SI, proses pembelajaran,
penilaian pendidikan, pengelolaan, sarana dan prasarana, guru, kepala sekolah,
dan SNP tentang pengawas. Dan khusus bagi sekolah pelaksana K-13 ada perubahan
pada SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian yang masing-masing dengan
Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah,
Permendikbud No. 58 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP, Permendikbud No. 61 Tahun
2013 tentang KTSP, Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran, dan
Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian. Juga harus memenuhi
Permendiknas No. 69 Tahun 2009 tentang Pembiayaan Pendidikan.
Bentuk pembinaan yang
dilakukan oleh pemerintah terhadap sekolah-sekolah tersebut salah satunya adalah melalui bimbingan teknis berupa
workshop. Dalam kegiatan ini sekolah diharapkan mampu merencanakan dan
melaksanakan berbagai program dan kegiatan untuk menuju atau memenuhi SNP
tersebut, sehingga pada saatnya nanti layak untuk menjadi sekolah standar
nasional (SSN).
B.
Tujuan
Tujuan kegiatan bimbingan teknis ini adalah:
1.
meningkatkan pemahaman tentang kebijakan umum pengembangan mutu
pendidikan sekolah menengah pertama, khususnya berkaitan dengan
pemenuhan standar nasional sekolah;
2.
meningkatkan pemahaman tentang
semua aspek dalam SNP yaitu : SKL,
standar isi, pembelajaran, manajemen,
penilaian, sarpras, tenaga pendidik dan
kependidikan, dan pembiayaan pendidikan.
3.
membuat action plan sebagai
dasar pengembangan program dan kegiatan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
(RKAS) atau Rencana Kerja Tahunan (RKT) atau untuk mengembangkan/membuat
sasaran (tujuan), program, dan kegiatan dalam RKS dan RKAS atas dasar evaluasi
diri sekolah;
4.
meningkatkan pemahaman tentang
penggunaan dana bantuan (block grant) peningkatan mutu sekolah;
5.
meningkatkan pemahaman tentang
kebijakan Ujian Nasional Tahun 2015;
6.
meningkatkan pemahaman
kebijakan tentang beban mengajar guru dan supervisi sekolah.
BAB II
PELAKSANAAN
A.
Peserta
Sasaran kegiatan bim ingan teknis ini adalah SMP Potensial sebanyak 161 sekolah di region Bandung yang berasal dari seluruh Indonesia
B.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Bimbingan Teknis pemenuhan SNP pada SMP Potensial region Bandung dilaksanakan di
Hotel Sukajadi Bandung Jl. Sukajadi Bandung, Kegiatan tersebut dilaksanakan
pada tanggal 20 s.d. 24 April 2015, dalam
kurun waktu pelaksanaan adalah 5 hari atau 50 jam. Adapun jadwal kegiatannya secara riil dapat
dilihat dalam table berikut:
HARI
|
WAKTU
|
MATERI
|
PEMATERI
|
KET.
|
Hari
|
12.00
|
Check In
|
Panitia
|
|
ke-1
|
16.00-16.45
|
Pembukaan dan Pemaparan Kebijakan Umum Dit.
Pembinaan SMP
|
Direktur Pembinaan SMP
|
Pleno
|
|
16.45-17.30
|
Pembukaan dan Pemaparan Kebijakan Umum Dit.
Pembinaan SMP
|
Direktur Pembinaan SMP
|
Pleno
|
|
17.30-19.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
|
19.30-21.00
|
Pemenuhan SNP
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
21.45-07.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
Hari
|
07.30-08.15
|
Pemenuhan SNP
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
ke-2
|
08.15-09.00
|
Pemenuhan SNP
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
09.00-09.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
09.30-10.15
|
RKS (RKJM) dan RKAS (RKT)
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
10.15- 11.00
|
RKS (RKJM) dan RKAS (RKT)
|
Dit. PSMP
|
||
11.00-11.45
|
RKS (RKJM) dan RKAS (RKT)
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
11.45-12.30
|
RKS (RKJM) dan RKAS (RKT)
|
Dit. PSMP
|
||
|
12.30-14.00
|
Istirahat
|
||
14.00-14.45
|
Supervisi dan
ME/EDS
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
14.45-15.30
|
Supervisi dan
ME/EDS
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
15.30-16.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
16.00-16.45
|
Sosialisasi dan Persiapan UN Tahun 2015
|
BSNP/Puspendik
|
Pleno
|
|
16.45-17.30
|
Sosialisasi dan Persiapan UN Tahun 2015
|
BSNP/Puspendik
|
Pleno
|
|
17.30-19.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
19.30-20.15
|
Penggunaan dana
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
20.15-21.00
|
Penggunaan dana
|
Dit. PSMP
|
Pleno
|
|
21.45-07.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
Hari
|
07.30-08.15
|
Kepemimpinan Pembelajaran dan Kewirausahaan
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
ke-3
|
08.15-09.00
|
Kepemimpinan Pembelajaran dan Kewirausahaan
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
09.00-09.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
09.30-10.15
|
Kebijakan Kurikulum
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
10.15- 11.00
|
Kebijakan Kurikulum
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
11.00-11.45
|
Implementasi Kebijakan Kurikulum
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
11.45-12.30
|
Implementasi Kebijakan Kurikulum
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
12.30-14.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
14.00-14.45
|
Kebijakan Pembelajaran dan
implementasinya
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
14.45-15.30
|
Kebijakan Pembelajaran dan
implementasinya
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
15.30-16.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
Pleno
|
|
16.00-16.45
|
Kebijakan Penilaian dan
Implementasinya
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
16.45-17.30
|
Kebijakan Penilaian dan
Implementasinya
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Pleno
|
|
17.30-19.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
Pleno
|
|
19.30-20.15
|
Perhitungan Beban Guru dan
Kinerja Guru
|
Dapodik dan P2TK
|
Pleno
|
|
20.15-21.00
|
Perhitungan Beban Guru dan
Kinerja Guru
|
Dapodik dan P2TK
|
Pleno
|
|
21.45-07.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
Hari
|
07.30-08.15
|
Pengembangan Budaya
Sekolah
|
Penggunaan dana
|
Pleno
|
ke-4
|
08.15-09.00
|
Pengembangan Budaya
Sekolah
|
Penggunaan dana
|
Pleno
|
Istirahat
|
Panitia
|
Pleno
|
||
09.30-10.15
|
Praktik Supervisi dan
ME/EDS
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
10.15- 11.00
|
Praktik Supervisi dan
ME/EDS
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
11.00-11.45
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
11.45-12.30
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
12.30-14.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
14.00-14.45
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
14.45-15.30
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
15.30-16.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
16.00-16.45
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
16.45-17.30
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
17.30-19.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
19.30-20.15
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
20.15-21.00
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok
|
|
21.00-24.00
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok’Mandiri
|
|
24.00-07.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
Hari
|
07.30-08.15
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok’Mandiri
|
ke-5
|
08.15-09.00
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok’Mandiri
|
09.00-09.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
||
09.30-10.15
|
Praktik Penyusunan RKAS
(RKT) atau RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Kelompok’Mandiri
|
|
10.15- 11.00
|
Presentasi RKAS/RTL
|
Dit. PSMP (Tim Teknis)
|
Plenoi
|
|
11.00-12.00
|
Penutupan
|
Panitia
|
Plenoi
|
C.
Narasumber
Narasumber pelaksanaan pelatihan
ini berasal dari beberapa instansi yang dapat dikemukakan dalam tabel berikut.
No.
|
NAMA
NARASUMBER
|
MATERI
|
1.
|
Dr. Agus Sumantri, MPd
|
Sosialisasi dan Persiapan UN Tahun 2015 (Kebijakan UN,POS, Ujian Nasional Berbasis
Komputer), Kepemimpinan Pembelajaran dan Kewirausahaan, Perhitungan
Beban Kerja Guru dan Kinerja Guru/PKB
|
2.
|
Drs. Popo Riyadi,MPd
|
Rencana Kerja Sekolah (RKS), dan Rencana Kerja
Tahunan (RKT)/Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan EDS (Teori dan Praktik),
|
3.
|
Dra. Aminah, MPd
|
Pemenuhan SNP (: Kurikulum, Pembelajaran, Penilaian, Sarpras, SKL, PTK, Manajemen, Pembiayaan
)
|
4.
|
Dra. Enny Purnamaningrum,
MPd
|
Pembelajaran (Model, Strategi, Pendekatan), Pengembangan
Budaya Sekolah
|
5.
|
Drs. Dadang Setiawan, MPd
|
Penilaian dan Implementasinya Permen 104 Tahun
2014, Petunjuk Teknis
Penggunaan Dana Block Grant
|
BAB III
HASIL-HASIL
1.
Kegiatan paparan materi umum
NO
|
PROGRAM
|
HASIL-HASIL
(KUALITATIF / DAN ATAUKUANTITATIF)
|
1
|
Kebijakan
Direktorat PSMP
|
a. Dapat dipahami dengan baik
tentang kebijakan Direktorat PSMP tentang pemenuhan SNP bagi SMP Potensial
b. Dapat dipahami dengan baik
tentang tujuan bimtek;
|
2
|
Kebijakan
Kurikulum SMP
|
a.
Dapat
dipahami dengan baik tentang kebijakan Direktorat PSMP tentang pemenuhan Kurikulum SMP
b.
Dapat
dipahami dengan baik tentang kebijakan Direktorat PSMP tentang penggunaan Kurikulum SMP yang diberlakukan
|
2.
Kegiatan paparan materi pokok
NO
|
PROGRAM
|
HASIL-HASIL
(KUALITATIF / DAN
ATAUKUANTITATIF)
|
3
|
Pemenuhan SNP (: Kurikulum, Pembelajaran,
Penilaian, Sarpras, SKL, PTK, Manajemen, Pembiayaan )
|
a.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
b.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Kurikulum (Standar Isi)
c.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Proses Pembelajaran
d.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
e.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Sarana dan Prasarana
f.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Pengelolaan atau Manajemen
g.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Pembiayaan
h.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat/mengembangkan indikator
Standar Penilaian
|
4
|
Pembelajaran (Model, Strategi, Pendekatan)
|
a.
Memahami dengan baik model, strategi dan pendekatan pembelajaran yang
dapat digunakan dalam peningkatan mutu pembelajaran
b.
Memahami dengan baik model, strategi dan pendekatan pembelajaran dan
dengan tepat digunakan dalam pemenuhan standar proses pembelajaran
|
5
|
Penilaian dan Implementasinya Permendikbud 104
Tahun 2014
|
a.
Memahami dengan baik system penilaian yang dapat digunakan dalam
peningkatan mutu pembelajaran sesuai dengan Permendikbud 104
Tahun 2014
b.
Memahami dengan baik system penilaian dan dengan tepat digunakan dalam
pemenuhan standar proses pembelajaran
|
6
|
Sosialisasi dan Persiapan UN Tahun 2015
(Kebijakan UN,POS, Ujian Nasional Berbasis Komputer)
|
a.
Memahami dengan baik Kebijakan UN,POS UN tahun 2015
|
7
|
Rencana Kerja Sekolah (RKS), dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)/Rencana
Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
berdasarkan EDS (Teori dan
Praktik)
|
a.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat Rencana
Kerja Sekolah (RKS) atau Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) empat tahunan berdasarkan
EDS
b.
Memahami dengan baik dan tersusunnya Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah (RKAS) program satu tahun berdasarkan
EDS
|
8
|
Kepemimpinan Pembelajaran dan Kewirausahaan
|
a.
Memahami dengan baik dan mampu menerapkan kepala sekolah sebagai
pemimpin pembelajaran
b.
Memahami dengan baik dan mampu menerapkan kepala sekolah sebagai
seorang enterprenership
|
9
|
Pengembangan Budaya Sekolah
|
a.
Menyusun pengembangan budaya sekolah (pembiasaan) yang dapat menanamkan
karakter bagi peserta didik di sekolah
|
10
|
Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Block Grant
|
a.
Memahami dengan baik dan mampu menyusun/membuat Rencana
Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dari Penggunaan Dana Block Grant
|
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah laporan hasil Bimbingan Teknis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada SMP Potensial menuju Sekolah Standar Nasional
(SSN)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar